Halo semuanya 😊 Gimana nih puasanya? Pasti lancar, dong! Di tulisanku kali ini, aku bakal ngasih resep donat dengan topping glaze. Resep donat ini aku ambil dari youtube "Puguh Kristanto Kitchen" dan resep topping glaze aku ambil dari youtube "bebenooom" dengan sedikit modifikasi sesuai dengan yang aku pengen. By the way, ini pertama kalinya aku bikin donat, loh! Senangnya pertama kali bikin donat langsung berhasil, hehe. Makanya, aku juga pengen membagi resep ini supaya kalian bisa berhasil juga bikin donatnya. Semoga resep ini bermanfaat ya! Enjoy this!

Resep Donat (Untuk 6 Donat dengan Cetakan 6 cm) :

Bahan-bahan :

  1. 140 gram tepung terigu (merk dan protein bebas)
  2. 0,5 sendok teh baking powder
  3. 1 sendok teh ragi instan
  4. 15 gram gula halus
  5. 1 butir kuning telur
  6. 65 ml susu cair (merk bebas, rasa vanilla atau full cream)
  7. 0,5 sendok teh pasta vanilla
  8. 1,5 sendok makan margarin/mentega
  9. Sejumput kecil garam
Langkah-Langkah :
  1. Siapkan wadah.
  2. Ayak tepung terigu dan gula halus lalu masukkan ke wadah.
    Tips : Tepung terigu dan gula diayak supaya tekstur donatnya lebih halus. Kalau tidak punya ayakan atau malah mengayak, tidak diayak juga tidak masalah.
  3. Masukkan baking powder, ragi instan, dan pasta vanilla ke wadah.
    Tips : Pasta vanilla bisa diganti dengan pasta pandan atau vanilli. Fungsi pasta vanilla ini untuk membuat donatnya lebih harum.
  4. Masukkan kuning telur dan susu cair ke wadah. Di resep ini aku memakai susu Ultramilk UHT full cream.
  5. Aduk semua bahan sebentar (sekitar 30 detik) menggunakan sendok hingga bahan cair dan bahan kering menyatu.
  6. Uleni adonan hingga adonannya tercampur rata dan tidak ada gumpalan/gerinidilan.
  7. Masukkan margarin dan garam.
    Tips  Di resep ini aku memakai margarin karena lebih mudah didapat, kalau kalian punya menteg, silahkan dipakai. Jangan masukkan garam di step ke-3 atau ke-4 karena garam akan membuat ragi instan tidak aktif dan adonan donat tidak bisa mengembang.
  8. Uleni adonan lagi hingga kalis elastis. Lamanya sekitar 7 menit.
    Tips : Jika wadah kalian lengket parah kayak aku, taburi tangan dan wadah dengan tepung terigu. Jangan pelit tepung, karena setelah beberapa saat menguleni adonan akan lengket lagi, jadi tambahkan lagi tepung terigu hingga adonan kalis. Ciri-ciri adonan yang sudah kalis adalah jika direntangkan adonan tidak sobek.
  9. Bulatkan adonan lalu tutup dengan kain serbet. Diamkan adonan sekitar 30 menit atau hingga adonan mengembang 2x lebih besar.
    Tips : Kalau daerah kalian cenderung bersuhu dingin, masukka adonan yang tertutup serbet ke lemari atau oven yang mati agar adonan lebih cepat mengembang. Intinya masukkan adonan di ruang yang pengap/kedap udara. Oiya, jangan buka adonan sebelum 30 menit ya supaya tidak ada udara yang masuk.
  10. Setelah 30 menit, buka serbet dan hilangkan udara di dalama donan dengan diuleni sebentar hingga udaranya hilang.
  11. Lapisi loyang yang besar dengan plastik dan taburi dengan tepung terigu sedikit supaya tidak lengket.
  12. Letakkan adonan di atas loyang dan giling hingga gepeng dengan ketebalan sekitar 7 mm.
  13. Cetak adonan menggunakan cetakan donat dan letakkan donat yang sudah dicetak di loyang. Sisa adonan yang tidak dicetak diuleni sebentar hingga teksturnya rata dan cetak kembali hingga adonan habis.
    Tips  Jika tidak punya cetakan donat, cetak donat dengan gelas dan tutup botol. Jangan meletakkan donat yang sudah dicetak secara berdekatan agar donat tidak saling lengket, karena donat akan mengembang menjadi lebih besar.
  14. Tutup loyang dengan serbet lalu diamkan selama 1 jam.
  15. Panaskan minyak pada wajan/teflon.
  16. Pastikan minyak sudah panas dan kecilkan api ke pengaturan yang paling kecil.
  17. Goreng donat hingga berwarna kuning kecoklatan.
    Tips : Donat yang berhasil akan mengambang di atas minyak saat digoreng.
  18. Donat sudah jadi yaiy! Yummy! 😊 Donat ini sudah bisa dinikmati begini saja, namun jika ingin lebih bervariasi bisa ditambahkan topping sesuai selera.
Hasil donat yang aku buat

   Untuk lebih jelasnya, kalian bisa mampir ke youtube https://www.youtube.com/watch?v=xpIi9y-iG7I ya!

Resep Topping Glaze Glowing :

Bahan-bahan :

  1. 9 gram gula bubuk
  2. 1 sendok makan margarin/mentega
  3. 2-4 sendok teh air panas
  4. Sedikit pasta vanilla
  5. 8 butir choco chips
  6. Sedikit pasta coklat
Langkah-Langkah :

  1. Kita bikin resep glaze yang original dulu ya!
  2. Masukkan margarin ke mangkuk.
  3. Siapkan mangkuk lain berisi air panas.
  4. Letakkan mangkuk berisi margarin ke atas mangkuk yang berisi air panas lalu cairkan margarin.
  5. Masukkan gula halus (tidak perlu diayak) dan pasta vanilla. Pasta vanillanya dikit aja ya, sekitar 2-3 tetes.
  6. Masukkan air panas sedikit demi sedikit. Berhenti memasukkan air panas ketika adonan sudah kental.
    Tips : Jangan mmebuat adonan yang terlalu cair, nanti galzenya tidak bisa kering. Jika adonan terlalu cair, tambahkan gula.
  7. Glaze sudah jadi, deh! 😊 Oleskan glaze ke seluruh bagian donat atau di bagian atasnya saja, terserah deh hehe. Diamkan hingga glaze mengering dan keras. Setelah mengeras, glaze akan menjadi glowing loh, karena glaze ini terbuat dari gula 😊
  8. Oke, lanjut ke glaze coklat ya!
  9. Caranya sama seperti glaze original. Hanya saja saat mencairkan margarin, cairkan juga choco chips bersamaan dengan margarin. Lalu ganti pasta vanilla dengan pasta coklat.
    Tips : Saranku lebih baik tetap tambahkan choco chips, jangan hanya mengandalkan pasta coklat. Penambahan choco chips membuat adonan glaze lebih kental dan padat. Jika hanya menggunakan pasta coklat, glaze akan transparan jika airnya tidak dikurangi.
  10. Glaze coklat siap dipakai!
  11. Tambahkan glaze coklat di bagian atas donat yang sudah dilapisi glaze original lalu taburi meses di atasnya. Namun kalian juga bisa melapisi bagian atas donat dengan glaze coklat saja tanpa glaze original dan langsung ditaburi meses. Tapi menurutku perpaduan kedua glaze ini membuat donat terasa lebih enak karena adonan donatnya sendiri dibuat tidak terlalu manis.

   Kalian bis juga membuat glaze dengan berbagai rasa. Tapi karena aku tidak mencobanya, kalian langsung saja lihat ke youtube "bebenooom" ya biar ga salah hehe 😊 Resep glaze ada di menit ke 5:32 di https://www.youtube.com/watch?v=DIIT4J049qE&t=361s

   Oke teman-teman! Sekian dulu ya resepku kali ini. Di next post, aku akan bikin resep ayam teriyaki dan setup roti tawar, jadi tunggu ya hehe! Semoga resepnya bermanfaat. Kalau ada pertanyaan boleh ditanyakan di kolom komentar ya! See you
😊